Kamis, 02 Des 2021

MAN 5 Bojonegoro Optimalkan Komunikasi ditengah Pandemi

MAN 5 Bojonegoro yang beralamat di Jalan Dr. Sutomo 50 Padangan adalah madrasah yang berada diwilayah Bojonegoro barat perbatasan dengan Cepu, Blora. Maka tak heran jika banyak peserta didik MAN 5 Bojonegoro yang yang dari Blora. Karena MAN 5 Bojonegoro menjadi madrasah favorit diwilayah Bojonegoro barat dan sekitarnya.

MAN 5 Bojonegoro dalam masa pandemi lebih mengutamakan pembelajaran komunikatif. Artinya walau masa pandemi kegiatan pembelajaran dengan peserta didik.masih tetap jalan. Drs. Agung Hidayatullah, M.Pd. selaku Kepala MAN 5 Bojonegoro mengatakan, Sesaat setelah ada perintah untuk pembelajaran dirumah maka kami putuskan peserta didik untuk belajar dirumah dengan sistem daring. Walau dengan sistem daring layanan pendidikan di MAN 5 Bojonegoro tetap jalan. MAN 5 Bojonegoro untuk pencegahan Covid-19. Maka membentuk tim pencegahan Covid-19 dengan melakukan kegiatan penyemprotan area MAN 5 Bojonegoro secara berkala. Tidak hanya penyemprotan kami juga menjalin kerja sama dengan tim gugus tugas Covid -19. Tambah Agung Hidayatullah.

Pada saat masuk ke area kantor MAN 5 Bojonegoro, semua keluarga besar, tamu sebelum masuk harus sesuai protokol kesehatan dengan cara semua wajib memakai masker, cuci tangan, cek suhu badan dan menerapkan Sosial Distancing serat Physical Distancing. Semua harus sesuai prosedur kesehatan. Tegas Agung Hidayatullah.

Alhamdulillah walau masa pandemi MAN 5 Bojonegoro juga dapat menorehkan Prestasi yang luar biasa, terbukti dengan diterimanya peserta didik Kelas 12 di PTN dan PTKIN. Total yang diterima adalah: 12 di SNMPTN dan 14 di SPANPTKIN. Bagi kami ini prestasi yang luar biasa, salut dan bangga pada peserta didik yang telah berjuang. MAN 5 Bojonegoro yang punya slogan PRIMA (Prestasi, Religi, Inovasi, Millenial, Amanah) terus berbenah dengan perolehan prestasi.

Prestasi MAN 5 Bojonegoro tak hanya non akademik yang pada beberapa bulan sebelum ada pandemi Covid-19 menjadi juara Atletik baik tingkat propinsi maupun nasional. Sebuah prestasi yang membanggakan lembaga dan Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro. Imbuh Agung Hidayatullah.

Pada masa pandemi Semua keluarga besar MAN 5 Bojonegoro dalam layanan pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif. Yaitu pembelajaran yang berbasis Digital yang mengedepankan Komunikasi. Ada beberapa aplikasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran komunikatif sesuai dengan kondisi dan geografi peserta didik karena tidak semua peserta didik mempunyai IT yang memadai maka MAN 5 Bojonegoro menggunakan pembelajaran yang komunikatif. Aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran komunikatif adalah Google Form, Google Class Room, Qr Barcode, Quizis, Wa Grupping.

Dalam konteks komunikatif dan dalam menyapa siswa layanan Kesiswaan dan konseling juga menggunakan sms center demi untuk komunikasi dengan wali murid dan peserta didik. Tidak hanya itu semua wali kelas, pembina Ekstra juga selalu mengontrol kondisi, memberi motivasi, sekaligus penguatan karakter melalui watshapp grup masing masing wali kelas dan pembina Ekstra.

Pada kegiatan PPDB (Penerimaan peserta didik baru) MAN 5 Bojonegoro dalam rangka pencegahan Covid-19, juga melaksanakan pendaftaran secara online siswa bisa mendaftar dan mengakses informasi dari rumah. Termasuk layanan Evaluasi belajar atau Raport wali murid / peserta didik dapat mengakses nilai secara online dimanapun berada dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, semua dilaksanakan secara online dan komunikatif tanpa mengurangi esensi sebuah kegiatan.

Pada intinya Kami ingin peserta didik sehat dan dapat belajar dengan nyaman dan komunikatif tanpa ada tekanan. Sesuai amanat Mendikbud tentang Merdeka Belajar yang kita kedepankan bukan lagi Afektif dan pengetahuan tetapi lebih pada komunikatif dalam rangka menguatkan karakter peserta didik.

MAN 5 Bojonegoro semoga Semakin PRIMA dalam layanan dan mendidik karakter anak bangsa. Amiin, tambah Agung Hidayatullah selaku Kepala MAN 5 Bojonegoro diakhir keterangan.

Reportase: Said Edy Wibowo, Waka Kesiswaan MAN 5 Bojonegoro

Post Terkait

ACARA 1443 H
31 Agu 2021

ACARA 1443 H

KELUAR