• MAN 5 BOOJONEGORO
  • Prestasi, Religi, Inovasi, Milenial, Amanah

Istilah Ujian PAS, PTS dan PAT

Istilah Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) menjadi hal yang tidak asing bagi siswa SD, SMP hingga SMA. Walaupun istilahnya sering berganti, ujian PAS, PTS dan PAT merujuk pada ujian yang ditempuh di tiap tahun ajaran.

Hasil ujian PAS, PTS dan PAT digunakan sebagai penilaian rapor di tiap semesternya. Maka dari itu, selain sebagai syarat kelulusan sekolah, hasil ujian PAS, PTS dan PAT pada nilai rapor dapat digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi.

 

Apa Itu PAS, PTS dan PAT?

 

Penilaian Tengah Semester

Penilaian Tengah Semester

Sebelumnya, Penilaian Tengah Semester atau PTS dikenal dengan istilah Ujian Tengah Semester (UTS). Dalam kurikulum terbaru, istilah diganti jadi PTS, namun inti kegiatannya tetap sama. PTS menguji seluruh materi pelajaran yang telah diberikan selama tiga bulan akademis pertama, baik di semester ganjil (PTS ganjil) maupun semester genap (PTS genap).

Penilaian Akhir Semester

Penilaian Akhir Semester

PAS adalah singkatan dari Penilaian Akhir Semester. Sebelumnya, PAS dikenal dengan istilah Ujian Akhir Semester (UAS). PAS dilaksanakan tiap akhir semester ganjil. PAS bertujuan menguji capaian pembelajaran selama 6 bulan (semester satu).

Penilaian Akhir Tahun

Penilaian Akhir Tahun

Karena sama-sama dilaksanakan pada akhir semester, PAT dan PAS sering dianggap sama. Padahal, keduanya beda karena pelaksanaan PAT di akhir tahun ajaran (semester genap), sedangkan PAS di akhir semester ganjil. Dulunya, PAT lebih dikenal dengan nama Ujian Kenaikan Kelas. PAT hanya diikuti kelas 7 dan 8 SMP serta 10 dan 11 SMA, sebagai syarat kenaikan kelas. Di sisi lain, siswa kelas 9 SMP dan 12 SMA akan mengikuti Ujian Sekolah (US) sebagai syarat kelulusan.

 

Materi Ujian PAS, PTS dan PAT

Pada dasarnya, ujian akhir semester PAS, PTS dan PAT meliputi semua mata pelajaran. Sesuai urutannya, Penilaian Akhir Semester (PAS) menguji materi pelajaran yang diberikan sepanjang semester ganjil, sementara Penilaian Akhir Tahun (PAT) menguji seluruh materi pada semester genap. Nah, sebelum masuk ujian PAS dan PAT, siswa akan mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS) yang digelar setiap tiga bulan dalam satu semester.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kumpulan Materi Pembelajaran

Dalam Prses

28/11/2022 07:08 - Oleh Administrator MAN 5 Bojonegoro - Dilihat 501 kali
Perangkat Pembelajaran

Dalam Proses

28/11/2022 06:54 - Oleh Administrator MAN 5 Bojonegoro - Dilihat 464 kali